Mengenal Senja Band

Jenis musik POP atau POPULER, itulah aliran musik yang ditekuni oleh Senja Band. Senja Band merupakan group musiknya anak – anak muda yang mempunyai hobi yang sama di bidang musik di karang taruna, karena ada kesamaan dan sering berinteraksi satu sama lain maka terbentuklah group musik Senja Band. Senja Band, group musik dimana para personilnya merupakan anak – anak muda yang berbakat dan bertalenta juga aktif sebagai pengurus dan anggota dari Karang Taruna.

Saat matahari mulai terbenam di upuk timur maka saat itu disebut senja, tapi senja disini bukan arti situasi seperti itu, tapi SENJA di sini adalah nama group musik dari Karang Taruna yang mempunyai arti berupa singkatan dari SENIMAN JATAKE. Jatake adalah sebuah nama kampung atau bukit, kampung Jatake atau bukit Jatake yang ada di Bogor.

Baca juga :
Mengenal kampung Jatake lebih dekat

Selayang pandang tentang Group Musik Senja Band.
Sejak Group Musik Senja Band terbentuk pada 1 Januari 2009, maka sejak itu pula frekuensi latihan terus ditingkatkan, terbatasnya bahkan tidak punyanya alat musik yang mumpuni bukan suatu kendala untuk terus berlatih demi mengasah insting dan kekompakkan. Rental studio musik merupakan tempat nongkrongnya anak – anak Senja Band, di rental studio musik itulah terus berkarya dan berlatih.

Melihat bakat dan ketekunan para personil Senja Band, maka Posdaya Berdikari ( Pos Pemberdayaan Keluarga Berdikari ) memberikan perhatian khusus berupa di fasilitasinya pinjaman lunak tanpa bunga kepada group musik Senja Band untuk membeli alat – alat musik agar lebih giat dan rajin bahkan bila perlu berprestasi.

Baca juga :
Apa itu posdaya?

Walau hanya memiliki alat – alat musik sederhana dan boleh dikatakan tertinggal, tapi prestasi Senja Band cukup di banggakan, sederet prestasi telah diraihnya dari berbagai even. Pentas - pentas lokal tanpa komersil sering dilakoninya juga, apalagi menjelang tujuh belas agustusan.

Berikut prestasi yang pernah di raih Senja Band dari berbagai even :
1. Juara III Festival Musik Babakan Dramaga Kampus IPB Bogor;
2. Juara Harapan I Festival Palang Pintu Kemang – Jakarta Selatan;

Berdasarkan informasi yang di dapat dari Senja Band, kini group musik Senja Band telah memiliki beberapa lagu ciptannya sendiri, dan siap untuk dipublikasikan bila saatnya tiba.

Mari mengenal para personil Senja Band :

1. Rindy ( Rindy Atika )
Sebagai vocalis, kegiatan inti sehari – harinya merupakan seorang karyawati disebuah perusahaan di Bogor

2. Kuro ( Dian Agustina )
Sebagai Vocalis, wiraswasta

3. Uje ( Usep Jaya )
Sebagai Pemain bass, wiraswasta

4. Dace ( Supriyatna )
Sebagai Drummer, wiraswasta

5. Syarief ( Syariefudin )
Sebagai Gitaris 1, karyawan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta

6. Abel ( Suryana )
Sebagai Gitaris 2, Karyawan di sebuah perusahaan swasta di Bogor

7. Fahmy ( Fahmy Afriza Pasha )
Sebagai Pemain Keyboard, wiraswasta

Personil group musik Senja Band juga merupakan anggota dan pengurus dari Karang Taruna Tunas Harapan, diketahui bersama bahwa Karang Taruna Tunas Harapan merupakan wadahnya kegiatan anak – anak muda yang ada di kampung Jatake, juga merupakan wadah terbentuknya group musik Senja Band. Karang Taruna Tunas Harapan tidak hanya di musik sebagai kegiatan program kerjanya, masih ada kegiatan – kegiatan lainnya, misal Perayaan Hari Besar Nasional ( PHBN ) berupa kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ( HUT RI ) dengan berbagai acara seperti, mengadakan turnamen sepakbola, perlombaan anak – anak, malam kreasi berupa pementasan anak – anak berbakat dan bertalenta dengan berbagai kesenian yang di tampilkan, berupa tarian, calung, lawakan dan pentas seni lainnya.

Perayaan Hari Besar Islam ( PHBI ), juga merupakan program kerjanya, dalam kegiatan ini biasa yang dilakukan oleh anak – anak Senja Band adalah dengan mengadakan perayaan menyambut malam Tahun Baru Islam atau Hijriah, Maulid nabi Muhammad SAW dan penggalangan dana untuk anak – anak yatim. Bukan hanya itu saja, Senja Band juga sering membantu kegiatan – kegiatan sosial lainnya, bersama kader posyandu menjalankan program pemerintah berupa pemberantasan penyakit Kaki Gajah, dengan cara mensosialisasikan dan memberikan arahan kepada masyarakat tentang penyaki Kaki Gajah, menyalurkan obat gratis penyakit kaki gajah kepada msyarkat dan terpenting memberikan ajakan agar obat yang telah diperoleh untuk meminumnya sesuai anjuran. Hal lain kegiatan sosialnya adalah dengan penggalangan dana untuk pembelian tanah wakaf pemakaman umum / TPU ( Tempat Pemakaman Umum ).

Program pemberdayaan Dana Desa, Senja Band terlibat langsung di dalamnya. Dana yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat untuk masyarakat disambut baik tentunya, bersama masyarakat sekitar bahu membahu menbangun jalan lingkungan yang memang dibutuhkannya. Siang dan malam dikerjakan, hasil upah yang diterima tidak dinikmati langsung tapi di sisihkan untuk keperluan umum, salah satu pembeliaan sound system.

Demi cita – cita kebersaman yang harus diwujudkan, Senja Band juga bekerja sama dan menggandeng perusahaan – perusahaan besar, misal perusahaan rokok, mie instan dan obat maag, agar mereka memberikan dukungan untuk program kegiatan – kegiatan Senja Band dalam hal ini program kerja Karang Taruna.

Senja Band identik dengan anak – anak karang taruna, memang demikian adanya, karena personil Senja Band juga merupakan pengurus juga sekaligus anggota karang taruna. Senja Band adalah karang taruna dan karang taruna adalah Senja Band. Sukses terus untuk Senja Band ….. bravoooooo…….


Postingan terkait: