Pendataan dan Pemetaan Posdaya

Ass. Apa kabar posdya? Sukses dan semangat selalu ya, walaupun banyak tantangan kita insya alloh tetap berkarya. Bgmn tindak lanjut lelang kepeduliannya? Mulai 15 okt ini kami akan mendata perubahan2 yg terjadi di posdy bpk/ibu untuk mengurangi jml pra KS. Pendataan perubahan2 ini adl awal lomba posdya.

Itulah isi sms sapaan dari ibu Mintarti atau lebih lekat dengan panggilan bu Mien, bu Mien merupakan salah satu dari P2SDM-LPPM IPB yang membina dan memonitor perkembangan posdaya yang ada di kota dan kabupaten bogor, termasuk Pos Pemberdayaan Keluarga Berdikari/Posdaya Berdikari.
Pada bulan Maret 2015, Pos Pemberdayaan Keluarga Berdikari/Posdaya Berdikari, telah melaksanakan pendataan dan pemetaan keluarga di wilayah Kp. Jatake Rw.06 yang terdiri dari 2 (dua) RT, yaitu Rt.001 dan Rt.004. Pendataan dan pemetaan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui berapa jumlah KELUARGA PRA SEJAHTERA, KELUARGA SEJAHTERA I, KELUARGA SEJAHTERA II, KELUARGA SEJAHTERA III dan KELUARGA SEJAHTERA III PLUS. Alhamdulillah pendataan dan pemetaan tersebut selesai tanpa hambatan dan diperkiran memakan waktu lebih kurang satu minggu. Berikut data yang telah dibuat hasil dari pendataan dan pemetaan diwilayah Rw.06
Jumlah RT : 2 (dua) yaitu RT.001 dan RT.004
Jumlah Kepala Keluarga/KK : 200
Jumlah Keluarga Pra Sejahtera : 115 (57.5%)
Jumlah Keluarga Sejahtera I : 42 (21%)
Jumlah Keluarga Sejahtera II : 17 (8.5%)
Jumlah Keluarga Sejahtera III : 22 (11%)
Jumlah Keluarga Sejahtera III Plus : 4 (2%)
Hasil pendataan dan pemetaan tersebut disampaikan kepada Ketua RT, Ketua RW dan Kepala Desa Cimanggu Satu.
Karena metode/rumus untuk pengklasifikasian KELUARGA PRA SEJAHTERA, KELUARGA SEJAHTERA I, KELUARGA SEJAHTERA II, KELUARGA SEJAHTERA III dan KELUARGA SEJAHTERA III PLUS yang dilakukan oleh Posdaya lebih sederhana ketimbang metode/rumus yang digunakan oleh BPS/ Biro Pusat Statistik,  maka dengan sendirinya, hasil pendataan dan pemetaan tersebut sangat berbeda dengan BPS terutama untuk kategori KELUARGA PRA SEJAHTERA dan KELUARGA SEJAHTERA I,  
di Pos Pemberdayaan Keluarga Berdikari/ Posdaya Berdikari terdapat 115 Keluarga Pra Sejahtera (Pra KS) dan 42 Keluarga Sejahtera I (KS I) rata-rata mereka memiliki rumah yang ditinggalinya kurang memadai terutama dinding rumahnya yang belum di plester.


Postingan terkait: